Lebaran Ketupat





oke guys..!! aku mau cerita tentang lebaran ketupat hari ini. lebaran ketupat itu adalah lebaran kedua di daerahku sendiri yaitu lombok NTB. tepatnya seminggu setelah hari raya idul fitri, lebaran ketupat ini di adakan karena kebanyakan orang-orang lombok puasa setelah idul fitri selama enam hari dimana Rasulullah SAW bersabda :
"Barangsiapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh."
(H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah)

Rasulullah telah menjabarkan lewat sabda beliau:
"Barangsiapa mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal selepas 'Iedul Fitri berarti ia telah menyempurnakan puasa setahun penuh. Dan setiap kebaikan diganjar sepuluh kali lipat."
Dalam sebuah riwayat berbunyi:

"Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun."
(H.R An-Nasa'i dan Ibnu Majah dan dicantumkan dalam Shahih At-Targhib).

                     oleh karena itu untuk merayakan hari kemenangan setelah puasa enam hari diadakanlah lebaran ketupat oleh masyarakat. kebiasaan di hari lebaran ketupat adalah pergi piknik bersama keluarga sambil makan ketupat. selain itu diadakan juga perang ketupat di daerah batu layar dimana masyarakat saling lempar menggunakan ketupat. emang adat yang satu ini agak kurang bener menurut aku, kenapa? karena memumbazirkan makanan, tapi mau gimana lagi? itu sudah kebiasaan masyarakat setempat.kalau dirumahku tidak begitu sih! orang-orang rumahku biasanya pergi piknik ke suatu tempat sambil membawa ketupat dan masak-masakan khas daerah. atau makan ketupat bersama keluarga besar, yach..sekalian nyambung silaturrahmi seperti aku ini hehe. okey.. hari ini aku dan keluargaku tidak pergi liburan kepantai atau kemana aja untuk makan ketupat sama keluarga soalnya aku memang males pergi hari ini. kenapa? karena hari ini  dimanapun tempat wisata bakalan ramai dan macet apalagi didaerah senggigi. nggak ada ruginya diam dirumah aja soalnya aku  seneng bisa nunggu berkat dari bapak yang di undang hajatan oleh perkumpulan masyarakat hihihi (dasar tukang makan!). habiis..berkatnya itu buaaanyak banget!! paling sedikitnya tas kresek merah itu. dan bagian buahan-buahan adalah tempat mataku beraksi seperti lampu sorot wkwkwk.

              oh..ya adat baru dirumahku di ciptakan oleh sekolompok anak-anak kecil yach..anak-anak SD kelas 4 atau 5, dimana malam lebaran ketupat itu mereka takbiran sambil membawa miniatur masjid yang lengkap dengan lampunya. dan mereka keliling kampung membawa masjid itu sambil mebaca takbir, padahal takbiran itu diadakan pas malem lebaran idul fitri. tapi begitulah anak-anak mereka senang meramaikan suasana. tapi aku salut lho ! sama mereka, karena mereka sekecil itu sudah kreatif. mereka itu sudah membuat tim selayaknya orang dewasa kemudian membuat miniatur masjid dengan memakai triplek dan yang lainnya. selain itu mereka menyalakan lampu dengan dinamo. pokoknya kreatif deh !,  iya udah sampai sini aja.. aku cerita tentang lebaran ketupat soalnya aku mau makan ketupat dulu hehe, mau? kalau kalian mau, dateng aja ke lombok tahun depan buat liburan. bagi kalian yang rumahnya di luar daerah lombok sih .. hehe


Komentar